Aksi Video Bupati Boltim Marah Dapat Komentar Menohok

Aksi Video Bupati Boltim Marah Dapat Komentar Menohok

Aksi Video Bupati Boltim Marah Dapat Komentar Menohok. Aksi video Bupati Boltim marah belakangan kembali mendapatkan komentar. Sebagai pejabat daerah wajar jika setiap hal yang dilakukan disorot banyak pihak. Lebih-lebih istilah bupati adalah salah satu orang penting di suatu daerah. Sehingga setiap hal yang dilakukan akan selalu dinilai oleh masyarakat dan pihak-pihak lain.

Beberapa waktu yang lalu publik dikagetkan dengan video yang melibatkan salah satu pejabat. Dalam video tersebut terdapat aksi yang kurang sepantasnya dilakukan oleh seorang pejabat. Satu di antaranya melibatkan pejabat dengan level tinggi layaknya bupati. Video yang tersebar memperlihatkan aksi adu mulut yang dilakukan pejabat.

Tak tanggung-tanggung dua bupati saling adu mulut terlihat jelas di dalam video. Video Bupati Boltim marah dan beradu mulu dengan lawan bicaranya tersebut sudah ditonton masyarakat luas. Satu tokoh penting di dalamnya yaitu Sehan Salim Landjar yang menjabat sebagai Bupati Bolaang Mongondow Timur atau Boltim.

Sementara itu, lawan adu mulut dalam video tersebut tidak lain, yaitu Bupati Lumajang, Thoriqul Haq. Setelah dikonfirmasi memang video viral yang melibatkan kedua bupati tersebut terjadi bukan tanpa sebab. Ada beberapa alasan hingga menyebabkan terjadinya cekcok mulut antara dua pejabat daerah tersebut.

Aksi Video Bupati Boltim
Aksi Video Bupati Boltim

Awal Mula Adu Mulut Kedua Bupati

Bupati Thoriq pun mengonfirmasi alasan dirinya menanggapi video tersebut. Memang pasca video bupati Boltim marah tersebut viral banyak komentar menohok. Thoriq pun mengaku bahwa awalnya hanya ingin memastikan adanya koreksi diri terhadap sesama bupati. Ia menyarankan agar tidak mengolok-olok menteri.

Hal tersebut menurutnya kurang baik. Bahkan ia menyebutkan video awal Sehan secara tidak langsung memang tidak merujuk pada Thoriq. Namun, sebagai sesama bupati Thoriq merasa ikut memiliki kaitan. Dalam hal ini Thoriq kemudian merasa perlu mengoreksi pernyataan yang sudah dilontarkan politisi PAN tersebut.

Menurutnya, jika ditanya apakah ada urusannya dengan dirinya maka ia pun menjawab kompak. Jawabannya memang ada lantaran ia sendiri adalah seorang bupati. Keduanya merupakan seorang bupati sehingga wajar jika ia mengoreksi sekaligus mengingatkan. Hal ini dianggapnya sebagai koreksi sesama teman.

Video bupati Boltim marah tersebut tidak sepantasnya lantaran melibatkan menteri. Bahkan cenderung membodohkan menteri. Anggapan memiliki etika birokrasi yang buruk pun mengalir dari lawan politiknya tersebut. Dalam sindiran pedasnya, ia mengungkapkan jika mempunyai teman yang mengolok kawan lainnya maka perlu dikoreksi.

Aksi Video Bupati Boltim
Aksi Video Bupati Boltim

Penyebab Adu Mulut Dua Bupati

Tidak berhenti membahas mengenai etika birokrasi saja yang disindir buruk. Salah satu Politisi Partai Kebangkitan Bangsa atau PKB tersebut juga menyebutkan perihal menjaga sikap. Ia menyebutkan sikap yang dilakukan oleh bupati Sehan akan menular ke pejabat lain. Menurut penuturannya, jika hal tersebut dibiarkan maka mengkhawatirkan.

Lebih-lebih bisa menjadi contoh bagi pejabat publik yang lain. Efeknya etika birokrasi nantinya rentan rusak. Dalam penuturannya, jika hal ini tetap dibiarkan Thoriq khawatir nantinya akan ada pejabat layaknya kepala dinas yang mengolok bupati. Sehingga perlu adanya koreksi demi mencegah hal-hal buruk pada struktur pemerintahan.

Aksi komentar yang menohok tersebut tidak hanya seputar penjelasan saling mengingatkan sesama bupati semata. Ia juga memberikan saran kepada sesama bupati. Terutama pada pihak yang berseteru. Apalagi menyoal tidak sinkronnya data masyarakat terdampak yang menjadi penerima bantuan dari pihak Kementerian Sosial.

Sebelumnya, Bupati Sehan memang mempermasalahkan ketidakcocokan data bagi penerima bantuan. Perihal tersebut, Thoriq memberikan nasehat agar masalah yang terjadi diperbaiki oleh pihak jajaran Pemkab. Ia juga mengajak semua elemen untuk musyawarah. Sehingga tidak terjadi lagi aksi bupati Boltim marah yang menjadi viral.

Aksi Video Bupati Boltim
Aksi Video Bupati Boltim