Bantu Pemulihan Ekonomi Indonesia, ini Rencana Pemerintah Longgarkan PSBB

Bantu Pemulihan Ekonomi Indonesia, ini Rencana Pemerintah Longgarkan PSBB

Bantu Pemulihan Ekonomi Indonesia, ini Rencana Pemerintah Longgarkan PSBB. Pemulihan ekonomi Indonesia nampaknya akan benar-benar dapat dilakukan apabila rencana pemerintah untuk melakukan pelonggaran PSBB benar terealisasi. Dalam beberapa waktu terakhir pemerintah mendapatkan banyak protes dari masyarakat karena aturan PSBB yang ketat.

Sebagaimana yang Anda ketahui bahwa sejak diserang Covid 19 pada Maret lalu, pemerintah cukup dibuat kewalahan menangani pencegahannya, dalam hitungan hari, jumlah korban meningkat menjadi puluhan, ratusan, bahkan ribuan. Karenanya kebijakan PSBB harus dilakukan oleh pemerintah sebagai upaya pencegahan penularan lebih luas.

Akan tetapi PSBB yang membuat masyarakat tdiak dapat melakukan kegiatan sebagaimana mestinya ini membuat masyarakat banyak menyampaikan keluhannya. Hal ini bahkan juga berdampak pada ambruknya perekonomian di Indonesia. Karenanya belakangan terdengar kabar pemerintah akan melakukan pelonggaran PSBB, dan hal ini dinilai kemenkeu akan memicu pemulihan ekonomi Indonesia.

Bantu Pemulihan Ekonomi Indonesia
Bantu Pemulihan Ekonomi Indonesia

Pelonggaran PSBB Memilihkan Ekonomi Secara Perlahan

Tidak bisa dihindari dampak ekonomi yang diterima oleh Indonesia ditengah pandemi corona seperti saat ini memang sangat besar. Mulai dari pengusaha kelas teri hingga pengusaha kelas kakap, semuanya mengeluhkan hal yang sama. Dan keluhan badan usaha kemudian juga memengaruhi penghasilan para pegawai mereka.

Karenanya rencana pemerintah yang ingin melakukan pelonggaran PSBB, sehingga masyarakat bisa beraktivitas sedikit bebas dinilai oleh Sri Mulyani akan mampu memicu pemulihan perekonomian Indonesia secara bertahap. Karena bagaimanapun untuk mengembalikan perekonomian secara normal jelas butuh proses, waktu, dan dukungan situasi yang membaik.

Meskipun mengaku pelonggaran akan berdampak pada pemulihan perekonomian, akan tetapi Sri Mulyani juga menegaskan dan mengingatkan bahwa ini sesuai yang harus dikaji lebih dalam. Jangan sampai Indonesia meniru negara-negara lain yang gegabah membuka PSBB demi pemulihan ekonomi Indonesia, namun pada akhirnya menyesal.

Bantu Pemulihan Ekonomi Indonesia
Bantu Pemulihan Ekonomi Indonesia

pemulihan ekonomi Indonesia

“harus diingat bahwa semua negara memang melakukan adjustment. Setelahnya ada yang tidak sabar karena merasa sector ekonominya memiliki pukulan yang sangat besar, kemudian mereka gegabah membuka, tapi setelahnya mereka menyesal dan menutupnya lagi. Dan tentu saja hal demikian adalah yang tidak kita inginkan.” Papar Menteri Keuangan Indonesia Sri Mulyani, pada Jumat (8/5/20).

Sri Mulyani mengungkapkan, bahwa adanya rencana untuk melakukan pelonggaran PSBB adalah berpatokan pada data yang telah dikumpulkan oleh pemerintah. Yang mana salah satu data tersebut merupakan data prediksi yang telah menunjukan angka penyebaran virus corona yang kian melandai.

Namun, harus diketahui bahwa hingga saat ini pihak pemerintah masih melakukan perhitungan yang secara mendetail. Karena bagaimanapun pelonggaran PSBB harus tetap diperhitungkan dengan cermat dan hati-hati, sekalipun alasannya untuk pemulihan ekonomi Indonesia.

Bantu Pemulihan Ekonomi Indonesia
Bantu Pemulihan Ekonomi Indonesia

“Ketika data yang ada telah menunjukan adanya perkembangan yang positif, itu berarti adjustmen dari policy harus dilaksanakan,” sambung Sri Mulyani

“Karenanya dalam hal ini, mari kita lihat dan turut berpartisipasi. Jika semuanya mau turut melakukannya secara disiplin, dengan usaha dan doa, kita berharap (grafik penyebaran corona)  akan bisa terus menurun,”

Sektor Kesehatan dan Ekonomi Harus Tetap Dijaga

Nantinya jika memang pelonggaran PSBB benar dilakukan, maka Sri Mulyani mengaku akan tetap menjaga sector kesehatan, serta ekonomi social. Hal ini penting agar pemulihan ekonomi Indonesia bias terealisasi namun kesehatan masyarakat tidak terancam.

“Kita harus membuat langkah-langkah yang tepat agar bias menjaga kesimbangan antara kesehatan dan kemanusiaan, ini adalah hal mutlak dan tidak ada kompromi, disisi lain kegiatan social ekonomi mulia bias dipulihakn secara bertahap” tambahnya.

Kita jelas sadar bahwa bagaimanapun kesehatan adalah satu hal yang sangat penting. Karenanya semendesak apapun keadaanya nilai kesehatan tidak  bisa dibahayakan, maka dari itu wajar jika saat ini pemerintah menimbang dengan cemat keputusan pelonggaran PSBB, sekalipun alasannya untuk pemulihan ekonomi Indonesia.