Daftar Daerah yang Terapkan PSBB, dari Persiapan Hingga Penerapan

Daftar Daerah yang Terapkan PSBB, dari Persiapan Hingga Penerapan

Daftar Daerah yang Terapkan PSBB, dari Persiapan Hingga Penerapan. Wabah pandemi Covid-19 yang semakin meluas membuat banyak daerah yang terapkan PSBB demi mengurangi jumlah pasien. Langkah ini diambil dengan membatasi sebagian akses publik baik keluar atau masuk pada wilayah yang menerapkan sistem tersebut. Langkah ini dinilai sebagian pihak sebagai tahap menuju lockdown.

Seperti yang sudah diketahui bersama bahwa semakin hari angka kasus positif Covid terus bertambah. Hal ini membuat khawatir banyak pihak, apalagi angka kematian sudah mencapai lebih 7%. Demi meminimalisasi dampak skala besar, maka beberapa kepala daerah meminta pada pemerintah pusat untuk menerapkan PSBB.

Ada beberapa daerah yang sudah menerapkan sistem tersebut. Setelah menerapkan PSBB, beberapa daerah tercatat mengalami angka penurunan kasus positif, misalnya di Jakarta. Kondisi ini mulai membawa angin segar bagi daerah lain yang menjadi episentrum wabah untuk segera menerapkan PSBB.

Daftar Daerah yang Terapkan
Daftar Daerah yang Terapkan

Jabodetabek

Daerah Jabodetabek adalah daerah pertama sebagai daerah yang terapkan PSBB. Jakarta dan sekitarnya menjadi wilayah paling parah dengan angka positif yang sangat besar. di Jakarta sendiri PSBB mulai diterapkan sejak 10 April lalu melalui Pergub No. 33 Tahun 2020 yang berlaku selama 2 minggu dan bisa diperpanjang.

Di daerah Tangerang Raya PSBB mulai berlaku 18 April, di Bogor Raya PSBB berlaku sejak 15 April, dan daerah-daerah lain juga akan menyusul dalam waktu dekat. Pemberlakuan PSBB dilakukan selama 14 hari. Namun masih bisa diperpanjang sesuai kebutuhan.

Daftar Daerah yang Terapkan
Daftar Daerah yang Terapkan

Bandung Raya

Bandung Raya juga menjadi

daerah yang terapkan PSBB
daerah yang terapkan PSBB

karena menjadi salah satu kota episentrum wabah. Daerah ini mulai memberlakukan PSBB sejak 22 April lalu dan Pemerintah Daerah bisa memperpanjang jika kondisi belum pulih tanpa persetujuan dari Menteri Kesehatan.

 

Tegal

Tegal mulai memberlakukan PSBB sejak 23 April lalu dengan menerapkan beberapa protokol kesehatan. Pemkot bahkan memberlakukan jam malam dimana semua pasar, minimarket, warung, serta pusat perbelanjaan lain hanya diperbolehkan buka sampai jam 8 malam. Bahkan Pemkot Tegal memberikan aturan terhadap ojek online.

Pekanbaru

Sebagai salah satu kota metropolitan di Sumatera, Pekanbaru juga menjadi daerah yang terapkan PSBB demi mencegah meningkatnya angka positif Covid. Hal ini lantaran kasus di Pekanbaru semakin hari semakin meningkat. Berbeagai protokol kesehatan sudah disiapkan oleh Pemkot untuk mengatasi berbagai masalah selama PSBB.

Kalimantan

Kota Tarakan dan Banjarmasin adalah daerah yang terapkan PSBB di Kalimantan. Sebagai kota besar, kedua kota telah melakukan PSBB sejak 19 April lalu setelah mendapat Kepmenkes No. HK.01.07/Menkes/262/2020. Menkes menilai bahwa kedua kota ini sudah mempersiapkan skenario selama PSBB sehingga layak menerapkan pembatasan sosial tersebut.

Makasar

Sejak 24 April, Makasar sudah menerapkan PSBB demi mengurangi angka positif Covid. Sebagai salah satu kota terbesar di Sulawesi, Makasar menjadi kota metropolitan yang rentan terhadap penyebaran Covid. Dalam simulasi yang dijalankan, pelanggar PSBB akan diberikan teguran hingga hukuman.

Surabaya dan Sekitarnya

Wilayah Surabaya menjadi kota terparah dalam kasus angka positif. Tercatat hingga kamis (7/5) sudah ada 592 pasien positif dengan 78 angka kematian. Selain itu, kota lain yang terdampak parah adalah Sidoarjo dengan 152 kasus angka positif.

Selain itu, banyak daerah lain yang juga rencananya menerapkan PSBB demi melindungi warganya dari Covid. Sampai saat ini Pulau Jawa menjadi episentrum wabah dengan lebih dari 10 ribu kasus positif dan akan terus bertambah setiap harinya.

Namun penerapan PSBB nyatanya tidak berjalan mulus karena masih ada orang yang melanggar. Bahkan ada sebagian orang yang nekat pulang kampung dengan menumpang pada truk maupun mobil sayur. Hal ini dilakukan demi meninggalkan daerah yang terapkan PSBB dan kembali ke kampung halaman.