3 Juta Karyawan Alami PHK Masal Akibat Corona

3 Juta Karyawan Alami PHK Masal Akibat Corona

3 Juta Karyawan Alami PHK Masal Akibat Corona. PHK masal akibat corona memang bukan hanya gossip semata, karena nyatanya berdasarkan data yang ada, pemerintah mencatat ada 3 juta orang yang kehilangan pekerjaannya sejak pandemi virus corona menyerang. Tentu saja angka sebesar 3 juta ini snagatlah besar, dan ini juga menunjukan dampak besar corona.

Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia. Hingga awal Mei ini telah mencatat ada 3 juta orang yang mengalami PHK masal akibat virus ini. Mereka yang terpaksa harus dirumahkan tersebut, ternyata berasal dari berbagai sektor, bukan hanya dari sektor formal saja.

3 Juta Karyawan Alami PHK
3 Juta Karyawan Alami PHK

Sektor Formal dan Informal Merasakan Dampak yang Sama

Dari total 3 juta pegawai yang dirumahkan tersebut, 1.032.960 merupakan mereka yang bekerja di bidang formal. Dan perusahaan mengambil keputusan merumahkan, sedangkan dari sector yang sama ada 375.165 pegawai yang secara resmi di-PHK. Sedangkan dari sector informal ada 314.833 pegawai yang mengalami PHK masal akibat corona.

Tidak bisa dipungkiri bahwa dampak virus corona memang sangatlah besar. Tidak hanya mengganggu satu sector saja namun hamper seluruh lapisan sector kehidupan saat ini semuanya terpengaruhi oleh virus yang berasal dari China ini. Karenanya satu hal yang wajar jika saat ini banyak berita PHK.

3 Juta Karyawan Alami PHK
3 Juta Karyawan Alami PHK

Di saat seperti ini tentu saja beberapa hal yang bukan merupakan kebutuhan pokok bagi masyarakat akan ditinggalkan sejenak. Hal itu juga berarti daya beli masyarakat terhadap produk menurun, kemudian ini akan memengaruhi pemasukan perusahaan, sehingga PHK masal akibat corona akhirnya terjadi.

Selain mengonfirmasi ada 3 juta pegawai yang terdampak, baik dirumahkan maupun di-PHK, pihak kemenker juga mengonfirmasi bahwa ada lebih dari 1 juta pekerja terdampak COVID 19 yang saat ini sedang dalam proses verifikasi serta validasi.

Pihak kementerian ketenaga kerjaan melalui Ida Fauziyah menyampaikan bahwa 3 juta data yang disebutkan merupakan data yang telah clear. Mulai dari by name, by adres, dan juga lengkap berdasarkan data NIK di KTP bersangkutan. Sedangkan yang dalam tahap validasi ada sekitar 1,2 juta pegawai.

3 Juta Karyawan Alami PHK
3 Juta Karyawan Alami PHK

Program Pemberdayaan Karya Infrastuktur

Dikarenakan banyaknya karyawan yang merasakan dampak PHK masal akibat corona, maka pihak kementerian ketenagakerjaan mencoba membuat pemberdayaan, yang mana program tersebut adalah pemberdayaan karya infrastruktur, berupa penyemprotan disinfektan. Program ini memiliki harapan besar agar perekonomian mereka dapat terbantu.

Seperti dikatakan bahwa kementerian ketenagakerjaan sudah memiliki program yang bisa dilakukan, seperti program regular padat karya produktif dan raya infrastruktur. Kini program yang dijalankan tersebut berbeda dengan program yang berjalan selama ini.

Dan yang melakukan penyemprotan adalah mereka, teman-teman yang telah terdampak PHK ataupun yang dirumahkanā€¯ paparnya. Program yang pemberdayaan yang dilakukan oleh pihak kemenker untuk para pegawai korban PHK masal akibat corona tentunya menjadi sedikit angin segar.

Karena dengan adanya program ini maka mereka setidaknya akan mendapatkan sedikit pemasukan. Sayangnya hingga saat ini, program pemberdayaan masih baru diberlakukan di Jabodetabek saja, karena adanya program PSBB dari pemerintah.

Kemenker juga menjelaskan bahwa saat ini program pemberdayaan tersebut akan disesuaikan dengan penanganan dampak virus corona. Namun pihak kemenker memiliki harapan besar agar program padat karya infrastruktir tersebut tepat sasaran pada mereka yang terkena dampak PHK masal akibat virus corona.

Selain menyampaikan kabar berkaitan dengan jumlah pegawai yang terdampak PHk dan di rumahkan. Ida Fauziyah juga menyampaikan pesan pada seluruh masyarakat agar tetap menjaga kebersihan, tetap berdiam diri di dalam rumah, dan menjaga physical distancing. Jika corona bias segera ditangani maka PHK masal akibat corona juga akan bias ditangani.