Berawal dari Coba-coba, Kini Ronal Surapradja Merambah Dunia Desainer

Berawal dari Coba-coba, Kini Ronal Surapradja Merambah Dunia Desainer

Banyak artis papan atas mulai merambah bisnis baru d tengah pandemi virus corona. Tujuannya agar roda perekonomian tetap stabil, meski banyak job terpaksa dibatalkan karena tidak adanya izin kerumunan. Salah satunya adalah Ronal Surapradja. Penyiar sekaligus artis komedi ini mencoba peruntungan sebagai desainer pakaian.

Ronal Surapradja mengaku iseng untuk menggeluti bidang bisnis sebagai desainer pakaian. Ia mengatakan bahwa saat shalat di masjid, ia menggunakan pakaian rapi. Banyak orang kepincut dengan hasil desain Ronal Surapradja. Hingga kini, Ronal telah membuka butikĀ  pakaian Lawlaka di Metro Plaza Senayan.

Berawal dari Coba-coba, Kini Ronal Surapradja Merambah Dunia Desainer
Berawal dari Coba-coba, Kini Ronal Surapradja Merambah Dunia Desainer

Mendapat banyak Dukungan Saat Posting Foto Pakaian di Instagram

Ronal Surapradja mengaku bersyukur tetap dapat berbisnis serta berkarya di tengah pandemi virus corona. Ia mendapat banyak dukungan saat mencoba membuka bisnis sebagai desainer ini. Ronal mengaku hanya memposting pakaian saat berangkat shalat. Kemudian, Ronal membaca komentar hingga DM Instagram.

Ia mendapat banyak masukan, kritik, serta dukungan untuk menggeluti bisnis desainer ini. Oleh sebab itu, Ronal juga mencoba peruntungan sebagai desainer pakaian. Rencananya, Ronal Surapradja akan membuka cabang Lawlaka di beberapa kota besar jika usahanya lancar nanti.

Memberdayakan UMKM untuk Memasok Bahan Pembuatan Pakaian

Ronal Surapradja selaku owner Lawlaka ini mengaku bahwa ia mendesain sendiri motif maupun model pakaian. Ronal juga mempercayakan proses pembuatan pakaian kepada penjahit terpercaya. Untuk bahan-bahan pembuatan pakaian ini didapatkan dari pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) di beberapa kota besar, seperti Solo, Pekalongan,Cirebon, hingga Bogor.

Ronal juga mencari berbagai jenis kain untuk digunakan sebagai bahan pembuatan pakaian, mulai dari kain batik, lurik, hingga tenun. Ia mengatakan bahwa memadukan berbagai corak serta jenis kain.

Sehingga, hasil desain Ronal ini dapat diterima oleh semua kalangan mulai dari anak muda hingga orang dewasa.Hal tersebut didasari karena rasa cinta Ronal Surapradja terhadap budaya serta kekayaan alam Indonesia.

Alasan Ronal Surapradja Memilih Berjualan Pakaian Batik Hingga Lurik

Sebagai orang Indonesia, tentu Ronal Surapradja ingin melestarikan budaya kain batik serta lurik. Ia mengatakan bahwa anak muda telah kehilangan identitas bangsa karena tidak menyukai kain batik.

Oleh karena itu, Ronal Surapradja mulai belajar mendesain pakaian dari kain batik hingga lurik. Ia menceritakan apa saja kesulitan dalam mendesain pakaian batik serta lurik. Salah satu kesulitannya adalah menciptakan desain pakaian untuk anak muda serta orang dewasa. Hal tersebut menjadi tantangan tersendiri serta harus dihadapi oleh Ronal Surapradja.

Berawal dari Coba-coba, Kini Ronal Surapradja Merambah Dunia Desainer
Berawal dari Coba-coba, Kini Ronal Surapradja Merambah Dunia Desainer

Alasan Ronal Surapradja Memberi Nama Butik Lawlaka

Ada alasan khusus mengapa Ronal Surapradja memberi nama Lawlaka pada butiknya. Alasannya cukup sederhana. Nama Lawlaka diambil dari Hadist Nabi Muhammad SAW. Memang, sejak pandemi virus corona ini Ronal Surapradja menghabiskan waktu untuk mendekatkan diri kepada Tuhan.

Oleh sebab itu, ia mengatakan bahwa membuka usaha desain pakaian merupakan jalan tuhan. Kini, Ronal Surapradja mulai serius menggeluti bidang bisnis desain pakaian di tengah kesibukan pekerjaan lain sebagai penyiar radio serta menjadi artis.

Membangun Bisnis dari Bawah hingga Memiliki Butik Sendiri

Meskipun telah dikenal banyak orang, bisnis desain pakaian ini dibangun oleh Ronal Surapradja dari bawah. Awalnya, ia beserta sang istri membuat serta memasarkan desain pakaian secara online. Ia memanfaatkan media sosial, seperti Twitter, Facebook, maupun Instagram untuk memasarkan produk desain pakaian miliknya.

Selain itu, Ia juga menawarkan produk-produknya kepada teman hingga relasi. Produk desain pakaian ini diproduksi oleh Ronal ternyata disukai oleh para konsumen. Para pelanggan suka dengan desain dari Ronal Surapradja.

Hingga akhirnya, pesanan pembuatan desain pakaian semakin hari semakin naik. Untuk itu, Ronal memutuskan untuk membuka butik di Metro Plaza Senayan, Jakarta.