Viral ABK Indonesia Dibuang di Laut, Ini Tanggapan DPR

Viral ABK Indonesia Dibuang di Laut, Ini Tanggapan DPR

Viral ABK Indonesia Dibuang di Laut, Ini Tanggapan DPR. Viral ABK Indonesia dibuang di laut mendapat sorotan dari banyak pihak. Kabar mengejutkan tersebut mengejutkan masyarakat Indonesia. Pasalnya, video jasad ABK asal Indonesia yang dilarung tersebut beredar. Kabar tersebut kali pertama ditayangkan di sebuah stasiun televisi Korea. Kemudian beredar lewat youtuber asal Indonesia di Korea.

Peristiwa yang kurang mengenakkan tersebut akhirnya mendapat tanggapan dari DPR. Abdul Kharis Almasyhari yang bertindak sebagai Wakil Ketua Komisi I DPR RI pun angkat bicara soal kabar ABK asal Indonesia tersebut. Ia mendesak pemerintah khususnya dalam hal ini Kementerian Luar Negeri atau Kemenlu.

Desakan tersebut untuk secepat mungkin melakukan koordinasi. Terutama koordinasi kepada pemerintah China demi mengusut kabar memilukan tersebut. Viralnya ABK Indonesia dibuang di laut tersebut melibatkan empat dari 18 pekerja. Sebelumnya, dikabarkan 18 ABK asal Indonesia bekerja di kapal nelayan Long Xing 639 China.

Saat bekerja, empat dari 18 ABK tersebut dikabarkan meninggal dunia. Tiga jasad ABK di antaranya dilarung ke laut. Kejadian tersebut sontak menjadi sorotan tajam banyak pihak. Terlebih, pada surat perjanjian kerja awal tertulis bahwa jika ABK tersebut meninggal saat berlayar jenazahnya dipulangkan ke negara asal.

Viral ABK Indonesia Dibuang
Viral ABK Indonesia Dibuang

DPR Mendesak Kemenlu Usut Tuntas

Lewat keterangannya, Kharis menjelaskan bahwa ia meminta Kementerian Luar Negeri segera mengambil tindakan. Salah satunya dengan meminta koordinasi pada pihak terkait. Guna mengetahui fakta terkait kapal tempat para WNI tersebut mengadu nasib. Sehingga kabar ABK Indonesia dibuang di laut tidak simpang siur.

Tidak hanya pemerintah Tiongkok saja yang mendapat sorotan Kharis. Ia juga menyebut pemerintah Korea Selatan dalam penuturannya. Kharis mendesak pemerintah untuk berkoordinasi dengan pemerintah Korea Selatan. Hal ini dilakukan lantaran kabar yang berhembus menyebutkan 14 ABK yang masih hidup dirawat di Korea.

Lebih lanjut, Kharis memberikan penjelasan bahawa semua perlu mendapatkan keadilan. Pendampingan yang cukup memadai dari pemerintah khususnya Kedutaan Besar di Korea dirasa penting. Dalam penuturannya tersebut ia tidak lupa memberikan wawasan mengenai kewajiban pemerintah di mata undang-undang dan dunia perihal warga negara serta badan hukum.

Di dalam undang-undang Hubungan Luar Negeri nomor 37 tahun 1999, tertulis bahwa pemerintah dalam hal ini memiliki kewajiban memberikan perlindungan terhadap warna negara maupun badan hukum Indonesia. Terakhir, anggota DPR untuk fraksi PKS ini berharap kasus ABK Indonesia dibuang di laut tersebut segera diusut tuntas.

Viral ABK Indonesia Dibuang
Viral ABK Indonesia Dibuang

Klarifikasi Kapten Kapal Nelayan China

Terkait kabar viralnya anak buah kapal asal Indonesia tersebut, sang kapten pun juga memberikan penjelasan. Kapten kapal nelayan Tiongkok yang menjadi tempat bagi para ABK asal Indonesia tersebut mengaku kejadian sebenarnya. Menurutnya, kejadian yang terjadi sesungguhnya bukanlah dibuang ke laut.

Kejadian yang terjadi di kapal tersebut menurutnya adalah pelarungan jenazah. Pernyataan kapten kapal terkait ABK Indonesia dibuang di laut tercamtum di dalam situs resmi Kementerian Luar Negeri RI pada Kamis, (7/5/2020) lalu. Dalam pernyataannya, kejadian terjadi pada bulan Desember 2019 silam.

Kejadian serupa akhirnya terjadi pula pada bulan Maret 2020. Kasus ini terjadi pada kapal nelayan Long Xin 604 dan 629. Total kematian yang terjadi di kapal tersebut berjumlah 3 ABK WNI. Pada saat itu, kapal penangkap ikan tersebut berlayar dan memasuki zona Samudera Pasifik.

Lebih lanjut, kapten kapal menjelaskan keputusan pelarungan jenazah dilakukan lantaran penyebab kematian ABK adalah penyakit menular. Tidak hanya itu, keputusan tersebut sudah mendapat persetujuan dari awak kapal lainnya. Bahkan, keputusan ABK Indonesia dibuang di laut tersebut telah disetujui pihak keluarga.

Viral ABK Indonesia Dibuang
Viral ABK Indonesia Dibuang